Berkenalan dengan dunia Asuransi

Asuransi dulu menjadi satu hal yang dianggap tidak penting di keluarga saya, walaupun sebenarnya di masa seperti saat ini proteksi terhadap diri kita saat ini sampai masa mendatang harusnya kita rencanakan dengan bijak dan sistematis sehingga dapat mengurangi resiko-resiko yang mungkin terjadi di tengah perjalanan hidup kita.

Ayah saya sakit, dan ibu saya sakit dalam waktu yang kurang lebih berdekatan. Tidak sedikit dana yang harus kami keluarkan untuk pembiayaan kedua orang tua saya, yang ujungnya menggangu arus keuangan keluarga saya karena pencari nafkah utama yakni ayah saya harus absen mencari penghasilan dan fokus pada pemulihan kesehatannya. Akhirnya disarankan oleh tante saya yang memang sudah lama bergelut di bidang asuransi dan sudah paham asam garam per-asuransi-an menyarankan untuk masuk asuransi setidaknya untuk memperoleh proteksi kesehatan dasar dan investasi untuk bekal hari pensium walaupun orang tua saya sudah kepala 5, namun masih belum terlambat untuk memulai dan memberikan protek pada diri kita sendiri. Saya tidak banyak dijelaskan seputar produk yang dibuatkan karena keterbatasan waktu ketika kami bertemu untuk memproses itu semua. Oh iya sebagai informasi tante saya tidak berdomisili di jakarta namun di surabaya sehingga hal itu menyebabkan pertemuan kami begitu terbatas waktunya.

Di Jakarta, saya menghubungi seorang teman yang memang sudah lama menggeluti asuransi dan tergabung pada satu perusahaan asuransi nomor 1 di Indonesia, dan saya bertanya-tanya seputar produk asuransi saya dan orang tua yang sedang di proses oleh perusahaan asuransi yang sama dengan tempat dimana teman saya ini bekerja. Dengan detail dia jelaskan tentang produk tersebut satu per satu. Rekan saya pun menyarankan saya untuk bergabung menjadi agen asuransi untuk bisa mengikuti training sebagai agen, dan tanpa panjang lebar dengan niat ingin mempelajari seputar produk asuransi saya datangi training selama 4 hari berturut-turut tentang dunia asuransi. Pembekalan ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar bagi para calon agen asuransi yang akan terjun sebagai agen profesional di masa mendatang. Pengetahuan seputar dunia asuransi konvesional dan investasi menjadi dasar penting bagi para konsumen dan agen agar dapat memberikan advis yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. — > cukup pendahuluannya.. hehehe.. langsung pada yang ingin saya sharingkan

Produk Asuransi jujur memiliki kompleksitas yang tinggi dan perlu dicermati baik untuk si agen khususnya dan nasabah sebagai tertanggung perlu memahami hak dan kewajiban secara jelas. Selama ini para agen asuransi selalu membicarakan hal yang manis dan tidak memberikan edukasi kepada nasabahnya agar mengerti betul seputar produk asuransi.

Produk Asuransi kini memang menjadi solusi bagi kita yang ingin memperoleh jaminan kesehatan (saat ini tertinggi isu kesehatan yang umum diinginkan oleh nasabah) serta berinvestasi dalam jangka panjang. Proteksi diri menjadi penting untuk mengalihkan resiko kerugian kita kepada pihak perusahaan asuransi agar kita terhindar dari kerugian ekonomi/materiil (kerugian psikis masih belum di tanggung oleh perusahaan asuransi)

Yang paling penting adalah anda sebagai nasabah atau agen harus mengerti betul, BENAR BENAR MENGERTI tentang asuransi dan tambahan fasilitas kepada nasabah bila dibutuhkan. Selama training semua tipe manusia ada dari wajah cerah sampai muram, muka sekolahan sampai muka terminal, sopan sampai urakan, muda sekali hingga lansia, dan semua ada.. tidak dipungkiri bisnis asuransi menjanjikan komisi yang besar bagi siapa saja agen yang bisa men-goal-kan nasabah baru. Pembekalan yang diberikan sangat memadai dan saya memperoleh pengetahuan seputar produk asuransi yang saya miliki dan merasa senang tentang hasil yang akan saya peroleh di masa mendatang. Investasi tidak dapat diramalkan akan seperti apa dalam 5-15 tahun mendatang tapi data dan formula yang dibuat oleh para pengelola dana (Fund Manager) telah sedapat mungkin meminimalisir kerugian dan penurunan nilai aset dengan melakukan penempatan dana pada beberapa sektor yang mampu menopang satu dengan yang lain. Niscaya investasi kita akan berkembang dengan baik di masa mendatang.

Beberapa saran yang ingin saya berikan :

1. Pastikan perusahaan asuransi yang anda pilih adalah perusahaan yang memiliki rekam jejak yang baik di bisnis asuransi

2. Pastikan agen asuransi yang menawarkan anda memiliki sertifikasi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) yang memastikan sedikitnya agen tersebut telah lolos tes kelayakan sebagai agen asuransi

3. Tanya, Tanya, dan Tanya Pastikan anda mengerti dan paham betul tentang produk asuransi yang ingin anda beli, pahami hak dan kewajiban, mengisi informasi dengan jujur agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

4. Pantau perkembangan investasi anda, dan tanyakan dengan aktif kepada agen untuk pengembangan produk asuransi yang terbaru agar dapat memperoleh investasi dan proteksi yang maksimal.

5. Ilustrasi yang diberikan kepada anda bukan hal yang bersifat pasti tapi ilustrasi tersebut dibuat mendasar dari data historis tentang khususnya investasi anda.

Training ini juga membuka peluang saya untuk dapat menjadi agen asuransi, dan membatu para nasabah dalam merencanakan keuangan untuk masa depan serta memberikan perlindungan untuk semua orang yang dicintai. Tanggung jawab seorang agen asuransi tidak mudah, kita harus dapat memiliki komitmen melayani nasabah kita seumur hidup agar tidak mengalami kebingungan ketika akan mempergunakan asuransi yang mereka miliki. Saya ingin menjadi agen asuransi yang jujur dan memberikan manfaat bagi semua nasabah saya kelak dan saya memetik hasil atas kerja keras saya. Maraknya agen asuransi yang asal jadi merusak sekali citra agen asuransi.

Asuransi bukan sebatas perlindungan namun bisa menjadi pilihan altenatif investasi yang bijak untuk masa depan yang lebih terencana. Saya terbuka untuk berdiskusi seputar asuransi, dan ingin berbagi pengetahuan yang saya miliki.

Warm Regards,

Anggana Bunawan

