Pantangan di Hari Raya Imlek

Tujuh Pantangan yang Harus Dihindari
SELAIN harapan, ada sejumlah pantangan bagi umat yang merayakan Imlek. Pantangan-pantangan itu masih diyakini hingga kini dan harus dihindari saat Tahun Baru Imlek tiba. Berikut tujuh pantangan saat Imlek.

1. Menangis pada saat Tahun Baru diyakini berdampak negatif karena dapat menimbulkan kesialan dan membuat korbannya menangis terus-menerus sampai satu tahun ke depan. Akan tetapi, pantangan ini tidak berlaku bagi anak kecil yang menangis pada hari Imlek.

2. Lunasilah seluruh utang sebelum Imlek dan hindari meminjamkan uang pada hari itu. Jika tidak, ada kemungkinan orang tersebut akan terus dipinjami uang oleh orang lain sepanjang tahun.

3. Setiap orang yang merayakan Imlek sebaiknya tidak mengeluarkan kata-kata kasar, kotor atau yang bermakna buruk dan sial. Kata “empat” atau ssu juga ada baiknya dihindari karena mengandung negatif, yaitu kematian. Satu tabu lagi yang perlu dijauhi adalah menceritakan kisah kematian dan cerita hantu.

4. Hindari mencuci rambut saat Imlek tiba karena bermakna mengusir semua keberuntungan sampai satu tahun ke depan. Daripada mencuci rambut, lebih baik mengenakan pakaian berwarna merah yang berarti kebahagiaan, keceriaan, dan memberi keyakinan akan adanya masa depan yang cerah.chinese-new-year-2009

5. Mengucapkan selamat Tahun Baru di kamar tidur diyakini dapat menghilangkan keberuntungan untuk satu tahun ke depan. Sebab itu, orang-orang yang berada dalam kondisi sehat atau sakit sebaiknya tetap berpakaian rapi dan duduk di ruang keluarga saat Imlek datang.

6. Pisau atau gunting disebut-sebut dapat menjauhkan keberuntungan. Akan tetapi, hal tersebut bisa dihindari dengan menghindari penggunaan dua alat tajam itu pada saat Imlek.

7. Hindari menyapu dan membersihkan debu ketika tahun baru tiba. Dua kegiatan itu bisa mengakibatkan tersapunya keberuntungan. Selain itu, sembunyikan semua perangkat rumah tangga, seperti sapu, sikat, dan penyedot debu yang biasa digunakan membersihkan debu.

Meski dilarang menyapu dan membersihkan debu saat Imlek, sebelum dan setelah tahun baru, seluruh penjuru harus dibersihkan. Teknik penyapuan pun tidak sembarangan karena dimulai dari pintu depan, lalu menyapu debu dan sampah ke arah ruang tamu, kemudian meletakkannya di pojok rumah. Sampah dan debu yang disimpan di pojok rumah itu baru boleh dibuang pada hari kelima

(sumber Lampung Post)

Gong Xi Fa Cai