Antonius W. Sumarlin

antonius-w-sumarlinNama yang menjadi judul tulisan ini merupakan nama yang sedang diperbincangkan di beberapa surat kabar sampai media online. Tidak ada tujuan lain saya menulis artikel kecil ini hanya menunjukan rasa senang dan respect terhadap beliau.

Dahulu saya berkenalan dengan sosok ini ketika saya mau memasuki satu sekolah tinggi managemen untuk mengambil program strata 1 yang masih saya jalani pada hari ini. Saat itu saya mencoba mencari info tentang visi dan konsep pembelajaran, dan saya liat ada seorang bapak-bapak sedang duduk di bawah kursi besi berpayung. Memberanikan diri bertanya, “Apa bapak dosen di sini?”, saya bertanya. Setelah itu duduk dan banyak cerita yang beliau ceritakan tentang bagaimana konsep sekolah yang sudah berdiri lebih dari 25 tahun dan lebih dikenal dengan program pasca sarjana ini secara sistematis dari a-z.

Dari berbagai sumber yang pernah saya coba kulik, banyak profesi yang pernah di emban putra mantan menteri era President Soeharto (walau selama saya mengenal tidak ada kesan sok-sok-an menggunakan nama besar ayah nya). Menjadi pegawai di firma akuntansi di Amerika walau hanya bertahan 2 minggu, sampai menjadi satpam di Trail Mobile Corporations sudah dijalani. Beliau yang lahir pada 22 Juni 1967 merupakan faculty member yang mengajar mata kuliah Intro Ekonomi dan memberikan kesan tersendiri buat saya.

Sosok ini suka memberikan cerita-cerita yang sangat menarik, sungguh menarik, dan banyak hal yang dapat saya pelajari. Saya ingat beberapa kata seperti “Demand and Supply, pahami deh! Itu dasarnya, then you will understand!”, tegasnya (walau saya lupa kapan, hehehe..).

Sosok Pak Anton, juga merupakan sosok yang mudah-mudah sulit dipahami. Selalu saja banyak pro dan kontra mengiringi perjalanan yang dilalui (mungkin pak anton lebih afdol kalau menjelaskan). Di kampus ada nama Eko Soehartanto yang sering kali menjadi teman diskusi dan sampai hari ini saya rasa. Membenahi IPB salah satu pekerjaan yang pernah dilakoni walau akhirnya sirna juga, dengan segala intrik-intrik yang ada.

Akhirnya beliau break mengajar di kampus saya dan melanjutkan program doktor di IPB. Banyak kabar bersliweran tentang aktivitas beliau, dan beberapa kali mampir ke kampus, banyak cerita. Beliau juga penikmat kopi sejati, dan sangat supportif buat mahasiswa yang ingin maju. Cuma kadang beliau suka galak.. hahahaha.. but for me, he’s a good guy

sampai hari ini saya mendapat kabar, dari seorang redaktur majalah bisnis dan ekonomi tentang pengangkatan beliau menjadi Direktur Utama sebuah perusahaan multinasional.

berikut sedikit kutipan dari Kompas.Com

Senin, 16 Februari 2009 | 13:59 WIB
JAKARTA, SENIN — PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HIT) melakukan pergantian direksi. Insmerda Lebang, selaku Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen mengatakan, tidak ada sebab yang luar biasa dari pergantian ini.
“Isi seperti pergantian biasa dalam suatu organisasi. Satu-satunya alasan kuat untuk menghadapi krisis global seperti sekarang, HIT memerlukan tim yang lebih responsif lagi. Tapi bukan berarti tim terdahulu buruk,” jelas Lebang pada saat yang ditemui setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa HIT, di Jakarta (16/2).
Jajaran komisaris yang baru adalah Insmerda Lebang sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen, serta Hasan Machfud sebagai Komisaris. Sedangkan yang didaulat menjadi Direktur Utama HIT sekarang adalah Antonius W Sumarlin dan Permadi Sukasah sebagai Direktur.
Jajaran Direksi dan Komisaris HIT ini, mengaku saat ini mempunyai tantangan yang cukup besar karena krisis global yang melanda seluruh kawasan terutama Asia. “Regulasi dari Bapepam yang ada saat ini lebih responsif, kita harus mengikuti itu,” sebut Dirut HIT Antonius W Sumarlin.

selamat ya pak, selamat berjuang di perahu yang baru ini.. semoga ada warna yang dapat bapak berikan buat smua orang disekitar bapak.

selamat yaa…

Advertisements