Fashion Tuesday 14 April 2009

Fashion Tuesday 14 April 2009

Hari ini seperti dituliskan dijudul tulisan ini, merupakan hari yang cukup bersejarah buat perjalanan business project saya dan rekan yaitu Puupaa&Co. Kami mendapat kesempatan untuk membuka booth di bazzar yang diselenggarakan oleh managemen Cilandak Town Square. Apa itu ? Ya benar Fashion Tuesday Bazaar salah satu bagian dari Ladies day Cilandak Town Square.

Tempat berjualan ini merupakan salah satu primadona bazaar spot di kawasan selatan Jakarta ini menjanjikan pengunjung yang melimpah dan terus mengalir tak mengenal waktu dengan daya beli yang masih terjaga. Itulah segudang harapan yang ada di kepala saya dan tim Puupaa&Co saat melayangkan proposal kepada pihak panitia. Puji tuhan terima kasih Yesus, akhirnya permohonan kami dikabulkan dan memperoleh respon yang sangat positif dari pihak panitia (thanks to Djafar, Darius ,dan Oniel).

Harinya tiba dan Puupaa&Co membuka sebuah booth yang letaknya di area atrium dekat sebuah kedai kopi yang namanya sudah mendunia. Mulailah di pagi hari jam 7 pagi sudah stand by di citos, dan membereskan booth untuk display. Perang baru dimulai jam 10 pagi, dengan resmi semua booth memulai mendengungkan aroma-aroma “jualan”. Menurut team marketing pagi yaitu Rani, menurut Rani pagi-pagi blum banyak konsumen yang wara-wiri untuk memulai perburuan belanja produk fashion, penjualan masih sangat rendah, then siang saya datang karena saya mendapat giliran untuk menjaga booth. Jam 1 siang saya memulai mensugesti diri saya untuk memburu konsumen agar mau mampir ke booth Puupaa.

Siang menjelang makan siang, animo pengunjung mulai berdatangan. Cuap-cuap mulut saya ketika berinteraksi bersama konsumen yang mampir sudah dari a-z, kadang membujuk, kadang juga ada saatnya “ya udahlah!” tidak semua konsumen menjadi kooperatif saat kita berperan sebagai penjual. Analoginya begini, saat kita menjadi konsumen kita akan menekan harga sampai serendah-rendahnya agar puas dalam berbelanja. Inilah realitanya betapa rasa ga dibisa dikatakan saat menghadapi konsumen yang sedang menawar. Menarik, ingin ketawa, ingin marah, ingin juga akhirnya dia memutuskan untuk membeli saat harga disepakati. Memasang sebuah harga tentu ada alasan, ada ekspektasi profit yang diharapkan, ada juga ongkos produksi yang sudah mengikat. Satu demi satu penjualan mulai terjadi, mulai kaos sampai cardigan mulai dibeli oleh konsumen yang datang. Ada beberapa kejadian unik, konsumen akan merasa puas jika diperlakukan dengan sangat baik.(pastilah!) ada seorang ibu namanya Evie Fadjari mampir dan membeli 2 buah produk Puupaa, satu jam berlalu tiba tiba sebuah kantong kertas berisi roti dan 3 ice lemon tea sudah ada di depan mata kami, sambil ibu evie bilang,”ini buat nyemil ya.. daa..”. Sungguh sosok yang menarik dan saya bersyukur bisa bertemu dengan beliau.

Kembali ke masalah fashion Tuesday, menurut saya pada saat kami membuka booth bukan pada timing tepat. Pertama hari kami pameran setelah libur panjang pemilu dan paskah, sehingga uang-uang di kantong konsumen sudah habis buat liburan. Kedua secara jujur pada hari itu animo pengunjung dibawah rata-rata sepanjang kami melakukan pengamatan sebelum kami membuka booth di sana. Ketiga mungkin dewi fortuna belum berada di pihak kami. Tapi kami sudah berusaha memberikan yang terbaik.

Ada beberapa tips yang boleh saya bagikan, kalau ingin membuka sebuah booth pada sebuah bazaar yang harus diingat bahwa produk yang dijual harus unik, harga kompetitif dan ini juga penting design booth yang anda pergunakan. Design booth yang menarik sangat mempengaruhi persepsi konsumen anda ketika mampir. Yang terakhir, gunakan hati yang paling dalam saat anda menawarkan produk anda untuk memastikan interaksi yang baik antara anda dengan kosumen. Sisipkan juga barang jualan yang memiliki kisaran Rp 10.000 – Rp 50.000 agar saat konsumen mampir ke booth anda bisa menimbulkan impulse buying calon konsumen anda. Fashion Tuesday, memang memliki crowd konsumen yang menarik untuk ditelaah, dan memiliki banyak karakteristik konsumen. Saya memperoleh pengalaman yang menarik bersama team pada kegiatan kali ini. Bravo Puupaa&Co!

Anggana Bunawan