Bantahan Sri Mulyani dalam Centurygate

Sudah dijelaskan dari konferensi pers yang dilaksanakan minggu, 13 Desember 2009 di Departemen Keuangan oleh beberapa pihak terkait yakni Sri Mulyani, Raden Pardede, Marsilam Simanjuntak dan beberapa orang yang duduk di rapat yang ditengarai mengikutsertakan Robert Tantular di dalamnya. Rekaman itu berupa Audio dan Visual yang menjelaskan dengan terang bahwa tidak ada Robert Tantular di dalam rapat, semua sudah clear dengan penjelasan rekaman video dokumentasi KSSK. Di lain sisi dibenarkan bahwa ada Robert Tantular di dalam gedung depkeu yakni di lantai mezzanine untuk keperluan bilamana keputusan KSSK adalah pengambilalihan Bank Century oleh LPS, maka proses bisa berlangsung dengan segera demi mencegah dampak sistemik di sektor perbankan nasional.

Pandangan saya sebagai awam adalah dalam konferensi pers ini belum dijelaskan secara terang apakah ada komunikasi tidak langsung maupun langsung dengan Robert Tantular di waktu rapat berlangsung (mungkin ada yang mau menjawab??). Pribadi saya pun masih menaruh kepercayaan penuh terhadap integritas dan kapabilitas Sri Mulyani dalam posisi kasus Century, karena di dalam perspektif saya sektor perbankan nasional masih amat rentan dengan issue yang memobilisasi opini publik yang menjurus kepada kepanikan nasabah secara luas dan memang besar kemungkinannya akan merusak fundamental ekonomi nasional.

Tudingan seorang anggota pansus angket DPR masih dipertimbangkan untuk diproses lebih lanjut untuk dapat membuktikan dasar pernyataan dan sumber informasi yang ditengarai oleh SMI berasal dari BPK. Drama ini menjadi lucu menurut moderator Wimar Witoelar yang diamini oleh SMI karna cukup lucu melakukan pembicaraan dengan Robert Tantular selama lebih dari 4 Jam.

Drama politiik ini akan terus berlanjut ke episode selanjutnya.