Obama di Indonesia 10 jam untuk beraktivitas dan 10 jam untuk istirahat

Presiden Obama akhirnya mendaratkan kaki nya di tanah air pada 9 November 2010 setelah mengalami penundaan beberapa kali akibat permasalahan dalam negri Amerika. Waktu kunjungannya begitu singkat yakni sekitar 22 jam saja di tanah air kita ini. Segudang rencana dan harapan sudah ada di pelupuk mata beberapa kalangan di negara ini. Kedatangan presiden negara adidaya ini dirasa begitu berarti mengingat latar historis Obama yang pernah tinggal di Indonesia selama beberapa waktu, dan menaruh kesan sendiri bagi masyarakat.

berikut jadwal kegiatannya :

Selasa 9 November 2010

16.25: Tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
16.35: Menuju Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
17.35: Tiba di Hotel Shang-ri La, Jakarta Pusat.
20.20: Meninggalkan Hotel Shang-ri La menuju Istana Merdeka.
21.50: Meninggalkan Istana Merdeka untuk kembali ke Hotel Shang-ri La

Rabu 10 November 2010

08.30: Meninggalkan Hotel Shang-ri La menuju Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.
11.10: Meninggalkan Masjid Istiqlal menuju kampus Universitas Indonesia, Depok.
12.35: Meninggalkan kampus UI Depok menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

berarti saat saya menulis tulisan ini Obama sedang berada di hotel Shangrila, entah sedang apa.. Menariknya bagi saya kedatangan obama kali ini tidak membahas rancangan kerjasama strategis, semua agendanya diisi dengan tema non politis dan non bisnis. Momentum ini digunakan untuk mengangkat citra bahwa Amerika tidak anti islam, dibuktikan dengan kunjungannya ke Masjid Istiqlal, kemudian sebagai wujud kepedulian kepada dunia pendidikan indonesia maka sang presiden mampir ke UI yang akan dipenuhi oleh mahasiswa dari berbagai kampus di indonesia, salah satunya kampus saya. Bertepatan dengan hari pahlawan, kunjungan ini akan ditutup dengan manis, Obama akan mengunjungi taman makan pahlawan kita untuk menaruh simpati dan hormatnya akan pahlawan Indonesia.

10 jam obama menggunakan untuk berkegiatan di Jakarta, dan 10 jam digunakan pada jam kosong antara hari pertama dan hari kedua. Beruntunglah indonesia dijadikan negara yang dikunjungi untuk mengahabiskan waktu istirahatnya. Saya cukup penasaran kira-kira apa ya yang dilakukan antara pukul 21.50 – subuh hari di hotel dimana dia menginap? apakah akan ada pembicaraan rahasia? atau akan terjadi kesepakatan kerjasama bisnis baru? atau apa??

Adakah yang mau share kira-kira apa yang dilakukan seorang Presiden Amerika ketika jam istirahat mereka ketika kunjungan kenegaraan???

– Anggana –