Meutia Kasim – Ratu Radio yang Terus Menginspirasi

Siang ini (16/09/2011) ada seseorang idola saya yang akhirnya bisa saya saksikan langsung setelah sekian lama mengagumi sepak terjangnya di industri media dan hiburan tanah air, dialah seorang Meutia Kasim. Mungkin tidak banyak orang yang mengingat sosok ini pada hari belakangan. Namun bagi saya Mukas begitu akrab disapa di lingkungannya merupakan sosok penting dalam perkembangan industri media dan hiburan tanah air. Sebutlah beberapa nama besar yang berhasil dikembangkan oleh tangan dingin pemegang gelar Master dari The University of Chicago Graduate School of Business – Singapura seperti Indy Barends, Sulung Landung, Amelia Natasha (MC Atta), dan banyak lagi bakat-bakat yang menemukan “jiwa” mereka dalam berkarier.

‘Ratu Radio’ itu selalu tersemat kepada dirinya. Hal ini karena Mukas mengawali karier sebagai penyiar radio dan sukses pula membidani lahirnya beberapa stasiun radio yang kini berkibar dalam naungan MRA Media. Antara lain, seperti MTV on Skya (TraxFm), Hard Rock FM, I-Radio, dan 90.4 Cosmopolitan FM. Sempat pula terlibat secara langsung dalam proyek O-Channel. Yoris Sebastian seorang ikon wirausahawan muda saat ini pun pernah bekerjasama dengan Mukas. Tahun 1999, misalnya, ia bersama Meuthia Kasim dan Indra Safera mendirikan IP En­tertainment dengan empat divisi yaitu artist management, event organizer, TV production dan training division. Salah satu pres­tasi IP Entertainment ini menjadi artist management eksklusif untuk pemenang Indonesian Idol tahun 2004 dan tahun 2005.

Semua orang yang berkomentar tentang seorang Meutia Kasim, digambarkan sebagai seorang yang “killer”, ambisius, pekerja keras, dan pantang menyerah. Tidak heran begitu banyak pencapaian yang sudah ditorehkan olehnya sepanjang karirnya selama ini. Saat saya menyapa, dia dengan senyuman yang begitu hangat membalas sapaan saya dan terjadi obrolan singkat tentang aktivitas dirinya saat ini. Dia menjelaskan sedang akan meluncurkan buku tentang perjalanan hidupnya dari super sibuk, sakit, sampai saat ini di masa pemulihan. Sayang saya tidak sempat berbicara lebih lanjut karena nampaknya dia sedang ingin menikmati waktu luangnya didampingi seorang rekan yang dengan setia membantu meutia berjalan di dalam mall tersebut.

Dear Mukas, aku mendoakan dirimu terus sehat dan semoga suatu hari bisa berbincang-bincang untuk memperoleh pengalaman-pengalaman berharga dari dirimu… Bless U!