Selesai sudah dan selamat untuk Pak Anies dan Pak Sandiaga

ahok-vs-aniesAkhirnya pesta demokrasi Jakarta berakhir di hari ini pada pilkada putaran ke-2 dengan hasil kemenangan yang meyakinkan bagi pasangan nomor 3 yakni Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Selamat untuk anda berdua yang kelak akan memimpin Jakarta dan sebagian warga dari kawasan penyangga ibu kota yang sehari hari bergantung dari roda perekonomian ibukota (termasuk saya).

Pak Ahok dan Pak Djarot, anda adalah pilihan nurani saya, lewat tulisan sederhana ini izinkan saya menyampaikan terima kasih atas sumbangsih bapak berdua dalam mengayomi warga dengan penuh integritas. Negri ini belajar banyak dari anda berdua tentang bagaimana tidak mudahnya menjadi pemimpin yang berintegritas, dan anti korupsi dalam mengelola birokrasi. Pak Ahok, terima kasih anda telah membuat saya secara pribadi yang termasuk dalam warga negara Indonesia keturunan tionghoa melihat harapan terang atas kebhinnekaan di negri ini meski ternyata karena salah sedikit kata menjadikan politisasi yang begitu berkepanjangan sehingga anda menjadi bulan-bulanan politik hingga detik ini. Izinkan saya juga meminta maaf atas ucapan Pak Ahok di kepulauan seribu bagi semua pihak yang tersakiti, dan semoga pintu maaf tersebut dapat menjadi bekal pembelajaran bagi kedewasaan politik dan kebhinnekaan Indonesia. Belum pernah selama seumur hidup saya merasa begitu sedih atas pemilihan umum atau kegiatan politik lain kecuali pilkada Jakarta kali ini. Tetaplah semangat Pak Ahok, dan teruskan langkah anda mencintai Indonesia.

Selanjutnya, mari terus kritis dan ambil bagian dalam bermasyarakat. Teruslah berprasangka baik dan teruslah berharap, serta berpartisipasi dengan tulus.

Advertisements